My lovely

My lovely
..Orang tuaku yang slalu ku sayangi dan kuhormati..

Sabtu, 10 Desember 2011

Abstrak skripsiku......... Waktu S1...

Pengaruh pendidikan kesehatan infeksi saluran pernafasan akut(ISPA) terhadap pengetahuan sikap dan perilaku ibu dalam pencegahan terjadinya  infeksi saluran pernafasan akut pada balita di wilayah kerja pukesmas barukan manisrenggo klaten



Oleh : Dian Ayu Mega Pratiwi

Intisari



Latar Belakang :  Salah satu penyakit yang diderita masyarakat terutama adalah ISPA. Infeksi saluran Pernafasan Akut sampai saat ini menjadi permasalahan diberbagai negara berkembang. Menjadi penyebab utama mortalitas pada anak terutama pada usia dibawah lima tahun. Di Indonesia ISPA menjadi penyebab kematian bayi dan balita cukup tinggi yaitu satu dari empat kematian yang terjadi.

Tujuan : Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam pencegahan terjadinya infeksi saluran pernafasan akut pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Barukan Manisrenggo Klaten

Metode Penelitian : Jenis penelitian Quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan Non Equivalent Control Group. Total responden penelitian adalah 60 Ibu – ibu memiliki anak atau balita berusia 1–5 tahun yang merupakan warga desa Borangan, Barukan dan sukorini yang merupakan wilayah kerja Puskesmas Barukan Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah  pendidikan kesehatan tentang ISPA, serta variabel terikatnya adalah  pengetahuan, sikap dan perilaku dalam pencegahan terjadinya infeksi saluran pernafasan akut  pada balita.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa Z hitung sebesar – 4,635 untuk pengetahuan. Nilai ini kita bandingkan dengan Z tabel (1,96), maka diketahui Z hitung – 4,635 > Z tabel 1,96, Z hitung – 3,851 untuk sikap dibandingkan dengan Z tabel (1,96) maka 3,851 > Z tabel 1,96 dan Z hitung untuk perilaku – 4,630. Nilai Z hitung dibandingkan nilai Z tabel 1,96 maka 4,630 > Z tabel 1,96. Harga – (negatif) tidak diperhitungkan karena harga mutlak.

Kesimpulan : Ada pengaruh pendidikan kesehatan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam pencegahan terjadinya Infeksi saluran Pernafasan Akut pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Barukan Manisrenggo Klaten..

Saran :   Sebagai masukan dalam upaya menyusun strategi untuk menurunkan angka kesakitan terutama penderita ISPA.





Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, pengetahuan, sikap, perilaku, pencegahan terjadinya ISPA pada balita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar